Serba-Serbi Pengalaman MPASI Pertama Para Bunda





Bagi ibu yang baru saja memiliki anak bayi pertamanya, bukan hanya rasa bahagia yang dirasakan namun juga khawatir dan selalu was-was akan apa yang harus diperbuat untuk memberikan yang terbaik kepada sang bayi. Hal ini termasuk memilih menu makanan saat bayi mereka berusia 6 bulan ke atas. Jika di usia sebelumnya, bunda hanya memberikan asi pada si kecil, maka di usia bayi yang menginjak 6 bulan ke atas, bunda wajib menambah asupan makanannya agar si kecil mendapatkan asupan kalori dan nutrisi yang semestinya untuk menunjang tumbuh kembang.

Dalam memilih menu MPASI pertama, tak semua ibu muda mengetahui dengan mudah apa yang mesti dilakukan dan diberikan pada buah hati. Hal ini menyebabkan banyak cerita mengenai pemberian MPASI pertama yang dilakukan oleh ibu-ibu muda. Berikut ini adalah sebagian untuk berbagi cerita mpasi pertama anak agar bisa menjadi pengalaman juga untuk ibu lain yang masih merasa was-was.

Untuk usia bayi 6 bulan dan Anda akan mengenalkan makanan lain selain ASI untuk pertama kalinya, sebaiknya menggunakan bahan tunggal terlebih dahulu sebelum melakukan pencampuran. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah bayi memiliki reaksi penolakan terhadap bahan makanan tersebut atau bayi memiliki reaksi alergi. Berbagai pengalaman para ibu, bahan yang sering digunakan untuk tahap ini adalah bubur susu, biskuit yang telah dilunakkan, bubur buah tunggal, bubur nasi, bubur kacang hijau dan sebagainya.

Sebagian ibu lebih memilih memberikan 2 kali makanan tunggal untuk bayi usia 6 bulan yaitu pada pagi dan sore hari. Sedangkan untuk ASI bisa diberikan sesering bayi menginginkannya. Namun untuk ibu yang bekerja, ada juga yang memberikan makanan selingan ketika bayi menangis meminta ASI.

Pengalaman mengenai MPASI lainnya bisa Anda baca di Guesehat yang merupakan situs rujukan untuk masalah kesehatan keluarga. SeputarMPASI di Guesehat juga membagikan kisah para bunda yang memiliki pengalaman seru, unik hingga sedih mengenai pemberian MPASI pertama sang buah hati yang bisa menjadi pelajaran bagi Anda para ibu muda lainnya. [inf]




Previous
Next Post »