Mengenal Bahan Baku Pembuatan Furniture Kantor (Part 1)





Pada saat proses produksi furniture untuk office Anda, diperlukan kecermatan dalam pemilihan bahan baku. Beberapa hal yang mendasari pemilihan bahan baku utama antara lain desain furniture yang diinginkan, daya tahan furniture, dan penyesuaian sesuai budget. 


Bahan baku utama yang digunakan umumnya merupakan kayu. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat berbagai jenis kayu yang dapat digunakan dalam pembuatan furniture office Anda? Artikel berikut akan memberikan informasi berbagai jenis kayu yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuat furniture untuk kantor Anda.

Kayu Solid
Kayu solid merupakan jenis kayu yang memiliki ketahanan sangat kuat jika dibandingkan jenis-jenis kayu yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan, saat proses penanaman dibutuhkan waktu yang cukup lama sebelum ditebang sehingga kayu yang dihasilkan benar-benar kuat. 


Jika dilihat berdasarkan harganya, kayu jenis ini merupakan kayu yang paling mahal karena volume tanam dan penebangannya yang tidak banyak dan terbatas sehingga menjadikan harga kayu solid melambung tinggi jika dibandingkan jenis-jenis kayu yang lainnya. Beberapa jenis kayu solid yang biasa digunakan saat proses produksi furniture kantor antara lain kayu jati, mahoni, dan pinus.

Plywood (Kayu lapis)
Berbeda dengan kayu solid yang merupakan hasil pemotongan asli dari pohonnya, plywood atau kayu lapis merupakan jenis kayu yang berasal dari olahan pabrik dimana pada prosesnya beberapa lapisan kayu tipis (triplek) digabungkan menjadi satu sehingga membentuk ketebalan yang beragam. 


Plywood yang terdiri dari tiga lapis kayu biasa disebut three-ply sedangkan yang terdiri dari lima lapis kayu atau lebih biasa disebut sebagai multipleks atau multi-ply. Adapun penyusunan lapisan dibuat ganjil untuk menghindari kayu melengkung dan terdistorsi sehingga menjadi tidak stabil. 

Berbagai macam ketebalan plywood yang biasa dijual dipasaran antara lain mulai dari 0.8mm hingga mencapai 25mm yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda serta dengan kualitas yang beragam pula. 

Kayu jenis ini biasanya sering digunakan saat proses pembuatan furniture kantor karena harganya yang tidak semahal kayu solid serta memiliki kualitas yang paling baik jika dibandingkan dengan kayu olahan lainnya.
Previous
Next Post »