5 Hal yang Wajib Diketahui Pengantin Baru Sebelum Membeli Rumah





Membina rumah tangga baru bersama orang yang kita sayangi pasti sangat menyenangkan. Banyak hal-hal baru yang kita pelajari setelah menikah. Kita dan pasangan pun akan terus berusaha memenuhi semua kebutuhan rumah tangga secara perlahan-lahan. Memiliki rumah pribadi adalah harapan sekaligus kebutuhan semua orang yang baru berumah tangga.

Kita dan pasangan tentu harus cermat bila ingin membeli rumah pribadi. Lima hal penting berikut ini wajib diketahui agar kita tak keliru memilih rumah:

Lokasi Rumah yang Strategis
Lokasi rumah yang strategis pasti berdekatan dengan fasilitas umum berupa pasar, rumah sakit, sarana hiburan, dan lainnya. Tak hanya itu, lokasi rumah yang akses transportasi umumnya mudah pun membuat kita tak kesulitan bila ingin bepergian. Namun selain hal-hal tersebut, kita juga harus mempertimbangkan jarak rumah dengan tempat kerja atau lokasi bisnis. Supaya kita tak membuang banyak waktu dan tenaga ketika pergi dan pulang kerja.

Kita tak harus memilih rumah dijual di Jakarta sebagai prioritas. Pilih saja rumah yang nyaman dan tak jauh dari pusat kota. Harga rumah tersebut biasanya lebih terjangkau dan cocok dengan persiapan budget kita.

Cermat Mempertimbangkan Ukuran Rumah
Mayoritas pengantin baru menganggap bahwa rumah mungil sudah cukup untuk keluarga kecilnya. Padahal rencana lain seperti buah hati atau memiliki asisten rumah tangga juga wajib dipertimbangkan. Pastikan bahwa rumah kita memiliki kapasitas yang cukup untuk buah hati, asisten rumah tangga, atau anggota keluarga yang ingin tinggal sementara. Jangan sampai ruang gerak jadi terbatas akibat ukuran rumah yang terlalu kecil.

Biaya Cicilan Rumah Sesuai Kemampuan
Program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi salah satu solusi bagi kita yang tidak memiliki uang tunai untuk membeli rumah. Jika berencana mengajukan KPR, kita harus menghitung kesanggupan membayar biaya cicilan secara cermat. Biaya cicilan yang harus dibayar setiap bulan tak boleh mengusik biaya kebutuhan rumah tangga. Bahkan kita harus tetap bisa menabung walaupun sudah menyiapkan biaya cicilan rumah setiap bulan. Karena memiliki tabungan sangat penting untuk mengantisipasi kebutuhan tak terduga.

Fasilitas Rumah yang Lengkap dan Memadai
Kita tak boleh menganggap enteng fasilitas rumah berupa sistem sanitasi, saluran listrik, dan air PAM. Karena fasilitas tersebut akan mendukung segala aktivitas kita di rumah. Periksa dulu ketersediaan fasilitas-fasilitas itu sebelum kita memutuskan untuk membeli sebuah rumah.

Lingkungan Rumah yang Aman dan Nyaman
Lingkungan rumah yang aman dan nyaman akan membuat kita lekas beradaptasi ketika tinggal di rumah baru. Sistem keamanan yang memadai serta permukiman yang sudah dihuni banyak harus dipertimbangkan secara matang. Selain itu, kita juga wajib menghindari pemilihan rumah baru di daerah yang rawan bencana alam. Jangan mengambil risiko besar hanya karena harga rumah yang murah atau lokasi yang tampak sangat menakjubkan.

Berbekal ulasan tips kali ini, memilih rumah yang tepat pasti bukanlah masalah besar lagi bagi kita. Rumah yang nyaman akan membuat kita leluasa beraktivitas, sehat, dan makin produktif setiap hari.
Previous
Next Post »