7 Cara Mendidik Si Kecil Menjadi Cerdas dan Pintar





Sobat Tamanlitera, orangtua pasti menginginkan buah hatinya menjadi anak yang cerdas dan bisa dibanggakan nantinya. Sebab anak yang cerdas adalah bagian dari cita-cita orangtua yang selama ini membesarkannya.

Membuat anak cerdas tak harus dengan memberikannya fasilitas lengkap seperti laptop atau ponsel sebab tidak semua teknologi yang canggih bisa menjamin anak menjadi cerdas. Bisa saja anak akan menjadi manja dan malas. Kecerdasan anak adalah bagian dari faktor genetik. Itu artinya kecerdasan anak bisa dibentuk melalui cara mendidik sang anak.

Banyak cara untuk bisa meningkatkan kecerdasan anak. Bahkan sebelum anak lahir pun para orangtua bisa meningkatkan kecerdasannya melalui musik klasik seperti Mozart dengan tempo yang lambat. Tapi kalau anak sudah besar, anda tetap bisa membentuk kecerdasannya melalui cara berikut ini. 


Melalui Musik
Anda bisa memberikan pejalaran musik pada anak dengan cara mendengarkan musik, atau memberikan pelajaran tentang pengetahuan musik melalui alat-alat musik yang ia suka. Sebab melalui musik secara langsung bisa meningkatkan IQ anak menjadi lebih cepat. Terlebih lagi Anda akan mengetahui minat bakat Anak dibidang musik.

Oleh karena itu, siapkan alat-alat musik yang bisa si kecil mainkan mulai dari gitar, drum, keyboard dan alat musik lainnya. Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk keluar rumah, Anda bisa memesan secara online, misalnya di MatahariMall. Belanja online terbaik disini menawarkan diskon-diskon menarik mulai dari potongan harga bahkan cicilan dengan bunga 0%. Siapkan set musik lengkap untuk buah hati kesayangan Anda di toko online terlengkap dan termurah di MatahariMall.com.


Sempatkan Waktu Bermain
Saat usianya masih kanak-kanak, si kecil akan lebih aktif bermain untuk menghabiskan waktunya. Bermain bisa membuat kondisi anak menjadi lebih baik dan bisa mempercepat anak menambah wawasan baru seperti bisa mempelajari bahasa baru sebanyak 20 persen. 


Ajak Anak Membaca Buku Bersama
Seringkali para orangtua gemar membaca buku saat sang anak ingin tidur atau tepatnya di malam hari. Hal itu diperbolehkan. Namun biasakan ajak anak untuk ikut membaca bersama. Cara ini sangat efektif agar bisa memperkenalkan anak kemampuan literasi mulai sejak dini dan bisa membuat anak lebih pintar.


Pastikan Anak Tidur Tepat Waktu
Sama seperti orang dewasa, biasakan anak untuk tidur tepat waktu dan tidak begadang alias tidurnya telat. Sebab tidur 1 jam saja dari waktu yang normal bisa membuat kemampuan otak anak berkurang 2 tahun sehingga akan mengurangi kecerdasan otak anak.


Biasakan Disiplin
Anak harus dibiasakan untuk mandiri dan disiplin. Itu adalah kunci sukses meningkatkan kecerdasan otak anak dibandingkan dengan IQ yang tinggi. Anak akan terbiasa untuk bertanggung jawab dalam segal hal pada saat ia sudah besar nanti.


Buat Anak Selalu Bahagia
Berikanlah anak kasih sayang dengan pelukan atau pun selalu memperhatikan kegiatannya. Dengan begitu sang anak akan selalu bahagia. Jangan lupa berikan pujian saat anak mendapat prestasi dan jangan memarahinya dengan melukai fisik agar anak tidak trauma.


Pastikan Anak Berteman dengan Teman yang Baik
Terakhir, pastikan anak bergaul dengan temannya yang baik yang bisa membentuk sifat dan kecerdasan anak karena lingkungan bermain yang baik bisa merangsang kecerdasan anak juga. Saat anak berkomunikasi dengan teman-temannya, mereka akan mentransfer wawasan secara tidak langsung.

Bagaimana Sobat?


Previous
Next Post »