Kegunaan Berenang untuk Kesehatan Tubuh dan Stamina

Asyiknya berenang dan membaca buku. pic: alamy.com 


Sobat Tamanlitera, menikmati buku tentu akan lebih mengasyikkan jika dilakukan dalam kondisi fisik dan psikis yang sehat dan prima. Karena dalam fisik-psikis yang sehat, kita bisa menghadirkan imajinasi yang segar dan siap mencerna buku dengan baik. Salah satu upaya efektif yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan stamina adalah olahraga berenang. Kita tahu, berenang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama pernafasan dan jantung.
 
Tak hanya itu loh. Bahkan ibu yang sedang mengandung juga dianjurkan untuk melakukan terapi renang secara teratur agar proses persalinannya nanti berjalan lancar. Banyak tempat rekreasi yang kini menyediakan kolam renang yang nyaris selalu penuh pengunjung. Kolam renang tersebut biasanya dilengkapi dengan arena permainan yang sangat menarik sehingga pengunjung tertarik untuk mencobanya.

Sobat Tamanlitera, berikut ini kegunaan utama yang bisa didapatkan dengan berenang:

1. Meningkatkan Kebugaran Tubuh
Secara keseluruhan berenang membuat kebugaran tubuh seseorang menjadi lebih sehat dibanding sebelumnya. Berenang membuat seluruh organ tubuh bergerak. Hal ini memacu peredaran darah menjadi lancar. Peredaran darah yang lancar membuat sirkulasi oksigen di dalam tubuh berjalan dengan normal. Tingkat kebugaran tubuh juga menjadi lebih maksimal.

2. Menurunkan Resiko Terkena Diabetes
Hampir semua atlet renang tidak pernah mengalami penyakit gula darah atau diabetes. Mereka sudah terlatih untuk selalu melakukan kegiatan olahraga secara rutin. Berenang membuat sirkulasi darah mereka menjadi sangat lancar. Selain itu, pankreas mereka juga akan mampu memproduksi insulin dalam kadar yang cukup.

3. Meredakan Stress
Jika Sobat termasuk salah satu pekerja dengan tingkat stres yang sangat tinggi ada baiknya Sobat berenang untuk refreshing. Dengan melakukan kegiatan di dalam air saja (tanpa harus berenang) sebenarnya Sobat sudah memancing hormon endorphin dalam otak untuk bereproduksi sehingga mood menjadi lebih stabil dan tenang. Sobat bisa bermain air sambil membaca majalah atau koran.

4. Membuat Badan Lebih Tinggi
Mereka yang berenang secara rutin mulai kanak-kanak, kemungkinan mendapatkan tinggi badan ideal menjadi sangat besar. Hal ini dikarenakan gerakan kaki dan pinggang sewaktu berenang akan membantu tungkai untuk berkembang lebih baik. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi orang dewasa yang telah berusia lebih dari 21 tahun.

5. Kesehatan Jantung
Jantung Sobat akan terpompa lebih kencang sewaktu berenang. Jantung akan terbiasa berdetak dengan irama yang lebih stabil. Jantung dengan irama yang stabil adalah ciri khas utama dari sehat atau tidaknya seseorang.

6. Menurunkan Berat Badan
Bagi perempuan yang ingin melangsingkan badannya secara maksimal, olahraga berenang bisa menjadi salah satu jalan yang paling tepat. Perempuan biasanya sangat konsen dengan berat badan mereka dan cenderung malas untuk melakukan olahraga berat seperti bermain sepak bola atau basket. Tak cuma perempuan, laki-laki yang hobi berenang juga berpotensi mendapatkan berat tubuh dan otot yang ideal juga loh.

7. Kesehatan Paru-Paru
Kesehatan paru-paru adalah hal yang paling terbantu saat berenang. Saat berenang kita dituntut untuk menjaga dan mengatur pernafasan dengan baik. Sobat akan bernapas dalam tempo yang teratur. Itulah sebabnya, otot-otot paru-paru menjadi lebih terlatih.


Untuk melakukan kegiatan berenang ini, Sobat bisa memanfaatkan kolam renang umum di tempat wisata atau hotel. Jika Sobat Tamanlitera ingin yang lebih alami, Sobat bisa mencoba danau atau pantai. Akan tetapi, karena semua ini adalah tempat umum, tentu Sobat harus mau berbagi waktu, tempat, serta kebisingan dengan sesama.

Tapi jika Sobat meiliki kesibukan yang cukup tinggi sehingga kerepotan untuk meluangkan waktu untuk bepergian, ada baiknya Sobat membuat kolam renang sendiri di rumah. Selain bisa berenang kapan saja, Sobat juga akan mendapatkan privasi. Sobat juga bisa memanjakan diri sepuasnya di sini. Dan tak perlu repot, karena untuk membuat kolam renang, kini banyak penyedia jasa pembuatan kolam renang profesional yang bisa diajak mewujudkan kolam impian Anda.

Tertarik untuk mencoba?
Previous
Next Post »