Agar Buku Koleksimu Tak Menguning


Buku lama bisa menguning loh. pic: jadesu.blogspot


Sobat Tamanlitera.com, jika kita perhatikan hampir seluruh buku zaman dahulu berwarna kekuningan. Bahkan buku zaman sekarang sekalipun, dalam waktu yang lebih lama juga akan berwarna kekuningan. Apalagi jika buku tersebut dicetak di atas kertas bookpaper yang memang agak kekuningan itu.

Pertanyaannya kemudian, mengapa buku lawas menjadi berwarna kuning? Sobat pasti bahwa buku terbuat dari kertas, dan kertas terbuat dari kayu. Sebab itulah sifat dasar kertas sama dengan kayu, dan senyawa yang ada di dalamnya juga nyaris sama. Di dalamnya ada dua bahan utama: lignin dan selulosa.

Selulosa atau orang awam menyebutnya serat. Serat ini tidak berwarna sehingga di mata awam bisa dianggap berwarna putih. Sementara itu lignin sedari awalnya memang berwarna kecoklatan. Sehingga hal ini membuat buku mudah berwarna coklat. Belum lagi, lignin memiliki sifat yang rentan teroksidasi ketika teroksidasi atau terpapar cahaya matahari sehingga warnanya semakin menguning.

Selain warnanya menguning, oksidasi ini menyebabkan jaringan serat di dalam kertas tersebut menjadi semakin rapuh dan mudah sobek. 

Nah, dari sini kita jadi tahu, bahwa penyebab buku menguning adalah proses oksidasi dan terpapar cahaya. Maka, salah satu cara agar buku tidak cepat menguning adalah jika buku tidak dibaca segera simpan dan pastikan buku tidak terpapar cahaya dan udara. 

Sobat tamanlitera.com bisa menyimpan buku di dalam sebuah plastik bening kedap udara. Mengapa harus kedap udara? Karena oksidasi hanya bisa terjadi jika ada oksigen di yang cukup. Dalam ruangan kedap, oksidasi hampir pasti tidak bisa terjadi.

Tapi tak perlu terlalu khawatir. Buku-buku yang menggunakan kertas HVS sudah melalui proses bleching atau pemutihan. Teknologi pembuatan kertas juga sudah berhasil memisahkan lignin sehingga menyisakan selulosa murni. Tetapi pemutihan tidak dilakukan untuk kertas bookpaper yang agak kekuningan dan ringan itu. Kertas ini sering digunakan untuk buku novel.

Jadi, tips ini masih perlu untuk dilakukan. 

Begitu ya, Sobat. 
Previous
Next Post »