Unik, Perpustakaan Piramida Buku ini Gemparkan Dunia



Ruangan dalam Bibliotheek Spijkenisse http://blogs.vn.nl/

Sobat Tamanlitera.com, kecintaan terhadap buku memang bisa menghadirkan berbagai hal yang monumental. Khalifah Harun al-Rashid dari dinasti Abbasiyah, misalnya, pernah memberikan hadiah emas kepada para ilmuwan yang telah menuliskan buku seberat buku tersebut. Khalifah mengelola Perpustakaan terlengkap di dunia saat itu yang bernama Baitul Hikmah.

Di Mesir, dulu ada Perpustakaan Alexandria yang menjadi perpustakaan terbesar sedunia. Perpustakaan ini menyimpan jutaan koleksi manuskrip jejak sejarah manusia dari berbagai peradaban besar di dunia. Meski sudah hancur ratusan tahun lalu, pemerintah Mesir berupaya menghadirkan kembali perpustakaan ini.

Lain Mesir dan Baghdad, lain pula Belanda. Di kota Rotterdam, berdiri megah sebuah perpustakaan Bibliotheek Spijkenisse. Berbeda dengan lazimnya perpustakaan, gedung ini terdiri atas satu buah piramida besar yang terbuat dari kaca. Piramida kaca ini memberikan perlindungan terhadap struktur piramida rak buku yang ada di dalamnya.

Rak buku berbentuk piramida itu begitu besar sehingga orang-orang ada yang menyebutnya sebagai Mountain of Book atau Gunung Buku. Bagunan ini terdiri atas lima lantai rak buku. Masing-masing lantai rak buku dihubungkan dengan tangga yang panjangnya kalau dijumlahkan menjadi 480 meter. Kakimu pasti bisa kecapaian menjangkau setiap titiknya. Hehe...

Bangunan ini didesain oleh para arsitek yang tergabung dalam MVRDV. Mereka adalah Winy Maas, Jacob van Rijs dan Nathalie de Vries. Mereka merancang bagunan ini tidak hanya sebagai tempat penyimpanan buku, melainkan sebagai pusat berbagai kegiatan edukatif. Di bagian bawah bangunan terdapat berbagai tempat representatif untuk kegiatan edukatif seperti auditorium, ruang diskusi, ruang baca, dan toko buku dan souvenir.

Karena bentuknya unik, ribuan pengunjung dari berbagai negara datang ke sini. Ratusan situs berita mengulas informasi tentang perpustakaan ini. Berniat mampir ke sana? Ini situs resminya http://www.deboekenberg.nl/Jika kamu kebetulan lewat Belanda, jangan lupa mampir ke sini. Ini petanya:



Previous
Next Post »