Perpustakaan Terbesar se-ASEAN Berdiri Megah di Yogyakarta




Tampilan depan Ghratama Pustaka. pic: @swaragamafm

Sobat tamanlitera.com. akhir tahun ini dunia perbukuan heboh dengan diresmikannya Perpustakaan Ghratama Pustaka yang digadang-gadang sebagai perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara. Perpustakaan ini diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 21 Desember 2015. 

Perpustakaan ini buka mulai dari hari Senin-Sabtu. Yang menarik, ia buka dari pukul 08.00 sampai 22.00 WIB. Jadi kamu bisa bermalam-malam di sini. Mereka yang bekerja pada siang hari bisa menghabiskan malam harinya untuk mencerap ilmu pengetahuan di sini sepuasnya.

Bangunan perpustakaan ini unik lantaran memiliki empat pilar besar yang berbentuk mirip obelisk. Ke depan, ia akan menjadi ikon baru melengkapi berbagai ikon pendidikan dan kebudayaan di Kota Yogyakarta.

Sobat Tamanlitera.com, Koleksi perpustakaan ini cukup lengkap. Pengelola Perpustakaan, Monika Nur Lastri sebagaimana dikutip metrotvnews menyatakan bahwa ia memiliki koleksi 260 ribu eksemplar buku dari 180 ribu judul. "Ada 7.500 koleksi kuno yang langka, termasuk lembar negara (staatsblat)." kata Monika. 

Seluruh koleksi tadi disimpan ke dalam beberapa ruang, mulai dari ruang koleksi umum, koleksi khusus anak-anak. Perpustakaan yang dikelola BPAD DI Yogyakarta ini juga dilengkapi dengan ruang bermain anak, ruang satwa, ruang diskusi, ruangan khusus braille, serta ruang digital dengan 20 komputer yang bisa kamu akses.

Ghratama Pustaka berlokasi di Jalan Janti Nomor 1, Banguntapan, Bantul. Penasaran dengan koleksinya, yuk tengok di sini. 




Previous
Next Post »