Book Sclupture: Wadahi Jiwa Seni pada Media Buku






Sobat tamanlitera.com, selain memuat informasi penting tentang ilmu pengetahuan dan kehidupan, buku bisa menjadi sarana ekspresi kreativitas seni. Memang selama ini buku memang menjadi ruang kreasi bagi para seniman. 

Selama ratusan tahun, seni rupa memiliki ruang yang cukup luas untuk mengeksplorasi perwajahan buku. Tapi pada akhirnya bidang seni lain tak mau ketinggalan. Seni kriya salah satunya. Mereka menciptakan seni patung dengan memanfaatkan media buku cetak. Dari satu buku, seniman mewujudkan berbagai jenis patung dan karya lain.

Dalam menciptakan patung dari buku ini ada satu kaedah yang tak bisa diganggu gugat, yakni jangan sampai fisik buku menjadi rusak. Maka tehnik yang digunakan hanyalah dengan melipat lembaran-lembaran buku menjadi sedemikian rupa sehingga membentuk pola-pola tertentu.


Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat-lihat bagaimana tehnik dasarnya di video di atas. Tehnik dasar ini bisa dikembangkan menjadi berbagai macam pola seturut dengan kreativitas dan imajinasi kamu. Kamu juga bisa mencari berbagai tutorial di mesin telusur.

Tertarik mau mencoba?
Previous
Next Post »