Wisata Literasi, SD ini Wajibkan Siswa Baca 20 Judul Buku

Asyiknya wisata literasi di liburan panjang. pic: koran-sindo.com

Sobat Tamanlitera.com, mungkin sudah menjadi fakta yang nyaris tak terbantahkan bahwa budaya literasi kita sangat rendah. Konsumsi buku kita sangat rendah bahkan jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Vietnam apalagi Singapura.

Kesadaran akan hal inilah yang membuat SDN Bubutan IV Surabaya menyelenggarakan semacam liburan literasi. Liburan sekolah tidak diisi dengan main-main atau wisata saja. Jika sekolah lain selalu tutup gerbang selama liburan panjang, SD yang ada di Jalan Semarang Surabaya ini justru ramai oleh anak-anak.

Mereka berebut membaca buku di perpustakaan. Pihak sekolah memang mewajibkan para siswanya untuk membaca setidaknya 20 judul buku hingga akhir tahun ini. "Keberadaan anak-anak ini juga untuk menjawab, memenuhi tantangan membaca di kalangan anak.", kata M Syamsul Hadi, kepala sekolah SDN Bubutan IV seperti dilansir koran-sindo.com.

Program ini memang cukup menarik, Sobat. Buktinya perpustakaan sekolah yang menjadi percontohan nasional ini semakin ramai. Tak hanya siswa SDN IV, bahkan beberapa siswa dari sekolah lain juga turut bergabung menuntaskan hasrat baca mereka di SD ini. Wali kelas bertindak sebagai fasilitator yang membimbing seluruh siswa.

Kegiatan literasi semacam ini memang perlu didukung. Pemkot Surabaya sendiri kabarnya mendukung penuh kegiatan semacam ini. Sobat Tamanlitera.com pun bisa melakukannya di rumah masing-masing. Bagaimana? Tertarik mencoba?


Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Arinalova
AUTHOR
May 27, 2016 at 6:31 AM delete

Tulisan yang bagus saya juga punya blog seperti ini di lungo.id

Reply
avatar
Arinalova
AUTHOR
May 27, 2016 at 6:32 AM delete

Tulisan yang bagus saya juga punya blog seperti ini di lungo.id

Reply
avatar