[Video Tutorial] Cara Gampang Membersihkan Buku Antik

Buku antik. pic: http://www.secondshoutout.com/


Memiliki koleksi buku klasik tentu menjadi kesenangan dan kebanggaan tersendiri. Senang karena kita memiliki koleksi buku bersejarah. Bangga karena buku semacam ini langka dan tidak mudah ditemukan. Apalagi saat ini lagi ngetren koleksi buku antik. Hm...

Tapi sobat tamanlitera.com, memiliki buku antik adalah sebuah klangenan. Apa artinya? Kamu bisa menikmatinya tetapi kamu dituntut untuk bisa merawatnya dengan baik dan benar. Selain harus menjaganya dari kelembaban, rayap, dan debu, kamu harus bisa merawatnya agar tetap bersih.

Sayangnya ada kalanya kamu sibuk di luaran sehingga kelupaan tidak membersihkan buku. Akibatnya, buku kesayangan menjadi kotor oleh debu. Duh, bagaimana cara membersihkannya? Jangan khawatir, kamu bisa mengikuti tips yang berikut ini.



1. Gunakan spons kering bersih

Kamu bisa menggunakan spons bersih dan kering untuk membersihkan debu yang menempel di seluruh bagian buku. 



2. Cara membersihkan
Poles buku dengan spons dengan membentuk pola garis lurus dari satu tepi ke tepi lain. Jangan gunakan pola melingkar, karena debu justru akan bertumpuk atau hanya berpindah tempat di satu sisi buku ke sisi lain di muka buku.

Gunakan satu sisi spons untuk satu sisi buku agar kotoran yang sudah diserap spons tidak menempel di sisi yang lain. 

Bersihkan seluruh bagian buku dan perhatikan lekukan jilid buku serta punggungnya. Jangan lupa bersihkan sisi atas buku.



3. Tonton video tutorial berikut



Bagaimana sobat Tamanlitera.com? Gampang bukan?
Previous
Next Post »