8 Alasan Mendasar Mengapa Kamu Perlu Melirik e-Buku

Sobat tamanlitera.com, tempo waktu kita sudah membahas beberapa alasan mengapa buku cetak masih akan tetap eksis dan tak bakal bisa digantikan oleh e-buku. Namun demikian, bagaimanapun teknologi akan terus berkembang seturut deret ukur.

Sebagai sebuah cara baru dalam menikmati dan mengonsumsi buku, e-buku mendapatkan perhatian yang cukup banyak dari para penikmatnya. Ada beberapa alasan mereka mengapa e-buku semakin diminati. Apa saja alasan ini?


1. Ramah Lingkungan

Selamatkan pohon. pic: usafleetsolutions.com
Proses produksi e-buku memangkas proses perbanyakan massal melalui media cetakan di atas kertas. Seperti yang kita tahu, kertas terbuat dari bubur serat kayu. Semakin banyak kertas yang dicetak, semakin banyak pohon yang ditebang. Jadi, dalam e-buku tidak ada satu pohon pun yang tumbang.


2. Murah
e-buku lebih murah. pic: gapyear.com
Biaya terbesar dalam produksi buku adalah biaya kertas dan pencetakannya. Oleh sebab itu, harga e-buku bisa dipasarkan dengan harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan buku cetak.


3. Mudah didistribusikan
Sekali klik langsung sampai. pic: purepurposebook.files.wordpress.com

E-buku hanyalah sebuah file dalam sebuah perangkat komputer atau telepon pintar. Sebagai file, ia bisa dengan mudah ditransmisikan ke berbagai tempat dalam sekejab. Berbeda dengan buku cetak yang butuh waktu dan biaya yang lebih mahal dalam proses pengirimannya.


4. Anti rusak
Tablet bisa rusak, tapi duplikat file masih utuh. pic: purepurposebook.files.wordpress.com

Ancaman terhadap e-buku hanyalah tombol DELETE dan virus. Hehe... Begitu e-buku kamu simpan di cloud, ia akan aman. Kamu bisa mengaksesnya di mana pun berada dengan peranti yang ada, asalkan ada koneksi internet. Berbeda sekali dengan buku cetak yang rentan terhadap suhu, kelembaban, rayap, debu, dan api sehingga butuh perlakuan ekstra.


5. Menghemat waktu dan tempat
setumpuk buku bisa jadi beberapa file saja. pic: http://www.guidoscorza.it/
Kamu bisa menyimpan ratusan ribu buku dalam satu hard disk berkapasitas 1 tera bitta. Hard disk itu hanya butuh tempat selebar dompetmu. Kecil sekali bukan? Jika kamu punya buku cetak sebanyak 1.000 judul, setidaknya kamu perlu 2-3 rak buku yang akan memenuhi kamarmu.


6. Mudah mencari dan mengutip

Mudah ditandai, dibatasi, dicari, dan dikutip. pic: .librarypoint.org/


Kelebihan lain yang ditawarkan e-buku adalah kemudahan dalam mencari kata tertentu atau kalimat tertentu dalam buku. Cukup gunakan fitur pencarian, ketik kata yang kamu cari dan tap, ketemulah kata-kata tersebut di sekujur buku. Kelebihan lain, kamu juga bisa langsung mengutip dari e-buku tsb, tinggal langsung copy-paste.


7. Banyak aplikasi pembaca
Salah satu tampilan Wayang Force, buatan anak negeri. pic: mzstatic.com

Sekarang makin banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengorganisir dan membaca buku. Di platform ponsel pintar ada Aldiko, Qbuku, Google Buku, Wayang Force, Scoopy, atau yang paling baru Livi. Sedangkan di platform PC ada Calibre, Dejavu, Adobe Reader, dan semacamnya. Masing-masing berlomba menawarkan pengalaman yang terbaik dalam menikmati e-buku.

8. Stok tak terbatas

Tinggal menunggu waktu saja, mereka didigitalkan. pic: cloudfront.net

E-buku mudah digandakan dengan sekali klik. Sebab itulah, ketersediaan e-buku menjadi nyaris tak terbatas. Dalam dunia e-buku tidak ada yang namanya sold out dan out of stock. Karena stok selalu tersedia. Selain itu, puluhan jutaan buku sedang dan akan terus didigitalkan agar bisa dinikmati dan diakses oleh sebanyak mungkin manusia. 

Itulah beberapa alasan mendasar. 
Sobat tamanlitera.com punya pandangan lain?

Previous
Next Post »