7 Cara Praktis Selamatkan Bukumu dari Rayap

Rayap adalah salah satu musuh buku yang sangat menakutkan. Tanpa kita sadari, tiba-tiba ia merenggut dan memangsa habis koleksi buku-buku kita yang langka. Tentu sobat Tamanlitera.com tidak mau bukunya habis dimakan si rayap. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga buku-buku kita?

Duh, buku yang malang. pic: candraaditama.wordpress.com

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar bukumu selamat dari rayap. 


1. Prinsip Dasar: Hindari Kelembaban
Jaga agar tidak lembab. pic: http://41.media.tumblr.com/
Kehidupan rayap salah satunya berdasar pada kelembaban. Di sebuah lingkungan yang lembab, rayap menemukan tanah yang gembur dan beberapa bahan makanan yang rapuh serta lezat. Sebab itu, prinsip dasar mengamankan buku dari rayap adalah jauhkan buku dari kelembaban. Bagaimana caranya?


2. Bersihkan Selokan dan Saluran Air
Saluran lancar lebih aman. pic: flickr.com/photos/epriatna

Selokan dan saluran air di sekeliling rumah tidak lancar akan menyebabkan genangan air. Selanjutnya air ini akan merembes dan menciptakan kelembaban berlebih di sekitar situ. Kelembaban inilah yang nantinya membawa rayap datang bersarang. Apalagi saluran air ini dekat dengan ruangan di mana kamu menyimpan buku. So, hati-hati.


3. Pastikan Tidak Ada Pipa atau Keran Bocor
Hemat air, hemat uang, jaga buku. pic: http://architectaria.com/

Keran air dan pipa yang bocor akan selalu meneteskan air. Mungkin kamu berpikir, air menetes cuma sedikit. Tapi coba bayangkan jika setiap detik ada 1 tetesan, maka dalam sehari semalam ada 86.400 tetes. Jika satu tetes memiliki volume 0.1 ml, maka dalam sehari semalam ada 8,64 liter air. Dalam setahun, maka air yang bocor adalah 3.153,6 liter. Tak hanya itu, kondisi di sekitar tempat bocor tentu akan lebih lembab.

4. Kurangi material kayu untuk rak buku
Rak ini bisa dimodif dari rak buku. pic: rajarakminimarket.com

Memang harganya lebih mahal, tetapi rak berbahan besi jauh lebih kuat ketimbang kayu biasa. Jika kamu belum bisa membeli rak besi seluruhnya, kamu bisa menggunakan rangka besi terlebih dahulu. Setidaknya material rak yang menapak lantai adalah metal, alih-alih papan kayu. Jangan pula terlalu lama menyimpan buku dalam kardus. Rayap sangat suka kardus apalagi kalau lembab.

5. Rawat dan Alasi rak buku 
Apalagi kalau begini? pic: http://3.bp.blogspot.com/

Jika kamu masih menggunakan rak kayu atau panel kayu, sebaiknya kamu pasang alas. Bisa menggunakan keramik atau lempengan besi sebagai alasnya. Hal ini akan menjaga agar rak buku tidak lembab. Kamu juga perlu lebih rutin merawat rak ini. Sobat tamanlitera.com, memberi lapisan vernis, cat, atau plitur dapat membantu menjauhkan rak dari rayap. 


6. Jaga Kebersihan Lubang Ventilasi
Sirkulasi udara lancar, kelembaban hilang. pic: http://dekorasirumah.org/

Sekilas saran nomor enam ini tidak ada kaitannya dengan rayap. Tapi tunggu dulu. Kelembaban yang berlebih itu salah satunya karena kurangnya sirkulasi udara segar dan cukup kering. Ketika ventilasi lancar, maka udara bersih akan gampang mengalir, dan menggantikan udara lembab yang bersarang di dalam ruangan.


7. Buat jarak antara rak dan dinding 
Rak minimalis memang asyik, tapi pastikan bebas rayap. pic: rumahku.com

Berikan jarak sekira 10-15 cm antara rak buku dan dinding. Ini akan menjaga agar rak tidak mudah lembab, sekaligus menjaga agar kalaupun ada rayap di dinding, ia tidak gampang merembet ke rak buku. Bagaimana jika rak justru menempel di dinding. Ya pastikan saja dindingnya cukup kering dan tidak rawan terserang rayap.

Bagaimana dengan buku di rumah Sobat tamanlitera.com
Sudah bebas rayapkah?

[n]


Previous
Next Post »