5 Cara Praktis Agar Bukumu Tak Lembab



Kelembaban yang tinggi adalah salah satu musuh buku. Ketika buku disimpan dalam waktu yang lama dan dalam ruang yang lembab, maka lembaran-lembaran buku akan mekar, jilidan rentan lepas dan kertas menjadi lebih rapuh. Sebab itu, Sahabat Tamanlitera.com perlu melakukan hal-hal sederhana ini agar bukumu bebas dari kelembaban.

1. Simpan buku dalam rak yang terbuka

ruang yang lega nyaman bagi buku.

Kelebihan menggunakan rak model ini adalah adanya sirkulasi udara yang lancar. Sehingga udara lembab bisa langsung terusir. Kekurangannya adalah debu rentan menghampiri buku kamu. Pastikan kamu rutin membersihkannya setidaknya sepekan sekali. Oya, ruangan tempat meletakkan rak buku juga berpengaruh terhadap kelembaban udara. Pastikan ruangan itu memiliki sirkulasi udara yang baik. 

Kamu bisa melihat-lihat alternatif desain rak buku keren di sini.

2. Pajang buku secara berdiri dan jangan rapat-rapat
Iya deh. Bukumu emang banyak. Tapi apa gak kasihan mereka sulit bernafas?

Dengan memajang buku berdiri, beban buku akan bertumpu pada masing-masing buku. Berbeda jika kamu memajang buku menumpuknya, maka seluruh beban buku akan bertumpu pada buku yang paling bawah. Selain itu, kerapatan halamannya akan sangat tinggi sehingga menyebabkan buku mudah menyerap kelembaban.

3. Beri sampul buku
Mau sampul buku gratis? via tamanlitera.com

Kamu bisa menggunakan plastik transparan untuk sampul buku. Dengan begitu, kecantkan desain sampul buku masih bisa kamu nikmati, namun isinya masih tetap terjaga dari kelembaban dan jika ada air yang tertumpah. Kamu juga bisa mengkreasikan model dan ilustrasi sampul buku dengan memberikan tafsir dan apresiasi atas buku. Oya, kabar baiknya, jika kamu memesan buku di Tamanlitera.com, kamu berhak untuk mendapatkan sampul plastik transparan gratis. Caranya, minta saja kepada staf saat kamu memesan buku di tamanlitera.com.


4. Jika buku belum akan dibaca, biarkan tetap tersegel
Selama masih disegel, insyaAllah aman. pic: www.elementssupply.com

Ini cara sederhana yang paling ampuh menjaga buku dari kelembaban. Dengan begitu buku tetap utuh bahkan dalam jangka waktu yang relatif lama.


5. Letakkan penyerap lembab atau silikon atau karbon
Ternyata ada produk macam ini ya? pic: batoepermata.com

Jika kamu membeli sepatu baru, biasanya di dalam kardus terdapat satu sachet kecil putih. Itu adalah butiran karbon atau silika. Benda ini berfungsi menyerap lembab. Kamu bisa membeli benda itu di toko kimia dan meletakkan di dekat buku-bukumu. Alternatif lain, kamu bisa memasang penyerap lembab. Ada merk Bagus dan Dahlia yang bisa kamu coba. Benda ini bisa didapatkan di supermarket terdekat.


Kamu punya ide lain, Sahabat Tamanlitera.com?


Previous
Next Post »