4+ Cara Gampang Mendapatkan Buku Cetak Gratis

Sobat Tamanlitera.com, akhir-akhir ini harga buku makin mahal ya? Hehe... Ah enggak juga sih. Beberapa buku baru memang berharga mahal. Beberapa buku langka dan antik menjadi makin mahal dan makin mahal karena nilai historis dan faktor kelangkaan.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan buku-buku gratis kok. Ini bukan buku elektronik loh, apalagi buku bajakan. Ini tentang buku gratisan yang berbentuk cetak. Iya. Buku cetak yang bisa kamu ciumi bau khasnya, yang bisa kamu ajak ke mana saja, dan kamu belai setiap helai lembarannya. Hmm... 

Lalu bagaimana caranya? Simak empat tips berikut ini.



1. Goodreads.com

Yups, situs dunia buku yang belum lama ini dibeli oleh Amazon ini memang menjadi rujukan penting. Biasanya orang mengunjungi situs ini untuk mendapatkan info buku terbaru, yang lagi in, atau mencari apa tanggapan pembaca atas satu buku tertentu.

Tapi jangan salah, situs ini juga memberikan fasilitas untuk mendapatkan buku gratis. Sebagian besar memang dalam bahasa Inggris, tetapi jika kamu beruntung ada beberapa buku dalam bahasa Indonesia. Bagaimana teknisnya? Ikuti petunjuk berikut: 


  • Mendaftar di https://www.goodreads.com. Kamu bisa mendaftar dengan akun facebook kamu. Jika sudah punya akun, langsung saja sign in.
  • Kunjungi ke url berikut: https://www.goodreads.com/giveaway
  • Pilih buku yang ingin kamu dapatkan. Klik ENTER TO WIN. Pastikan wilayah Indonesia masuk dalam area yang diperkenankan oleh penyelenggara giveaway.
  • Lengkapi seluruh data yang diminta dan klik Enter to Win.
  • Jika kamu beruntung, buku akan langsung dikirim ke alamat.
  • Tips: biasanya pemberi giveaway akan menyeleksi para pendaftar. Pendaftar dengan profil dan jam terbang tinggi di Goodreads berpeluang lebih besar. Jadi, makin aktif kamu di Goodreads, peluang dapat buku gratis makin besar.


2. Kick Andy


tampilan situs kickandy

Program Kick Andy Show ini sudah tidak asing lagi. Salah satu keunikan program yang digawangi Andy F. Noya ini adalah memberikan buku gratis kepada penonton yang hadir di studio dan para pemirsa di rumah. Meskipun kamu tidak bisa menjadi penonton di studio, kamu bisa juga mendapatkan buku gratis. Bagaimana caranya?


  • Kunjungi situs http://www.kickandy.com.
  • Mendaftar di situs tersebut atau login jika kamu sudah punya akun. Kamu juga bisa mendaftar dengan akun Facebook kamu.
  • Di bagian kiri bawah klik DAFTAR Undian Buku Gratis. 
  • Isi formulir lengkap. 
  • Pemenang akan diundi dan tunggu pengumuman dari panitia. 
  • Buku akan dikirim ke alamat kamu.



3. Meresensi buku

Salah satu contoh resensi di koran. pic: paskalina.files.wordpress.com

Menulis resensi adalah seni menimbang buku. Resensi bisa dianggap sebagai sebuah respons pembaca terhadap buku yang ia baca. Kamu bisa menulis resensi atas buku yang sudah kamu baca. Tapi catat. Menulis resensi harus jujur. Jika kamu merasa bahwa bukunya bagus, tulis di mana letak bagusnya buku itu. Jika bukunya mengandung cacat, kisahkan bagaimana cacatnya dan bagaimana pula memperbaikinya.

Yang perlu kamu tahu, keuntungan menulis resensi ini dobel. Pertama, jika kamu menulis resensi dan kamu kirimkan ke media massa lantas dimuat, kamu akan mendapatkan fee atas resensi tersebut dari media yang memuat tulisanmu. Tips buat kamu adalah: Jika tak dimuat di media A, kirim ke media B. Jika tak dimuat lagi, publikasikan di blog kamu. 

Kedua, kirimkan naskah resensi kamu yang sudah dipublikasikan tadi ke penerbit. Beberapa penerbit bahkan tidak mensyaratkan publikasi harus di media massa. Publikasi di blog pun oke, misalnya penerbit Moka. Dengan senang hati, penerbit akan memberimu buku terbaru gratis. Bahkan ada beberapa penerbit yang memberikan fee. 

4. Kuis buku gratis

Cara keempat ini adalah cara yang gampang-gampang susah. Gampang karena kita tinggal jawab pertanyaan atau komen di status facebook. Susahnya karena tidak semua penerbit menyelenggarakan kuis berhadiah buku gratis. Tapi setidaknya kamu bisa memperhatikan beberapa penerbit atau toko buku online yang sering menyelenggarakan kuis buku, misalnya penerbit Diva Press atau Gagas Media. 


Update!
5. Berkontribusi di blog.tamanlitera.com
Kamu punya ide keren tentang dunia perbukuan. Misalnya nih, kamu punya ide bagaimana cara membaca yang ampuh dan dahsyat. Atau bagaimana agar taman bacaan bisa lebih dekat dengan pembacanya. Dan banyak ide-ide lain. Ide nakal tapi masuk akal makin baik. Hehe... Kirimkan ke tamanlitera@gmail.com. Jika naskahmu lolos kurasi editor dan dimuat, kamu akan mendapatkan voucher untuk belanja buku di Tamanlitera.com. Info lengkapnya bisa diintip di sini


Jadi bagaimana sobat Tamanlitera.com. Kamu mau coba yang mana?



Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
March 11, 2016 at 7:05 PM delete

Keren mas, ini lumayan infonya nambah, soalnya saya lihat di blog lain, referensinya itu itu aja, dan disini ada tambahan.. Bermanfaat sekali buat saya, nyari buku gratisan hehe..

kunjungi balik ya : http://bacangan.blogspot.com

Reply
avatar
taman litera
AUTHOR
March 17, 2016 at 12:09 PM delete

cantumkan tautan sumber ya, kak... :)

Reply
avatar
Hapi Paizal
AUTHOR
October 5, 2017 at 9:59 PM delete

Majalah Cetak edisi luar negeri bisa di coba juga itu mbak.

Reply
avatar