Inspirasi 5 Rak Buku Tak Biasa


Sobat TamanLitera.com, memiliki buku tentu membuat kita harus menyiapkan habitat yang nyaman agar buku kita sehat selalu serta bisa dijangkau saat kita hendak membutuhkannya. 

Rak buku adalah salah satu piranti yang mesti harus kamu miliki. Tak perlu rak yang mewah, yang terpenting dia cukup kuat untuk menopang berat buku serta enak dipandang lantaran ia akan tampil di ruang yang dilihat banyak orang. Kecuali jika kamu ingin menjadikannya sebagai brankas buku. hehe..

Sebab itu, kita perlu desain rak yang tak biasa. Dan berikut ini adalah beberapa model rak buku yang bisa kamu coba.


1. Menempel di Dinding


pic: http://surfingweb.co/


Dinding yang polos bisa menjadi lebih berwarna dan berdaya bila kamu tambahkan sederet rak buku asimetris di situ. Yang kamu perlukan hanyalah beberapa lembar papan atau lempengan seng dan paku dinding. Buatlah pola sesuai inspirasimu, rekatkan di dinding dengan paku, dan voila! 


2. Menapak di Lantai, Menempel Dinding



pic: http://surfingweb.co/
Jika kamu kurang yakin dengan kekuatan dinding untuk menahan beban, ada baiknya kamu membuat rak buku yang menapak di lantai. Dengan begitu, berat buku akan tertumpu di lantai. Namun, rak asimetris semacam ini perlu kamu rekatkan ke dinding dengan paku kecil. Bukan untuk menyandarkan beban, tetapi sebatas menahan agar ia tidak rubuh ke depan saat berat bebannya tidak seimbang.


3. Pola Diagonal
pic: http://surfingweb.co/

Kelebihan pola ini adalah kamu tidak memerlukan penahan besi yang berbentuk T terbalik itu agar bukumu tegak berdiri. Tetapi Sobat Tamanlitera.com harus memastikan agar setiap sudut sikunya cukup kuat untuk menahan beban. Karena tumpuan beban ada di situ. Kamu bisa memasang pelat besi siku untuk menyokongnya.


4. Manfaatkan Pipa Bekas


pic: http://surfingweb.co/
  
Kesan yang muncul bisa antik, unik, klasik, retro, dan tak biasa. Kamu bisa memanfaatkan pipa besi bekas di sini. Jangan lupa lapisi pipa dengan cat atau vernis agar tidak berkarat dan pada akhirnya malah merusak buku. Kelemahannya, jika bukumu terlalu berat, bagian bawah buku yang bersentuhan langsung dengan pipa (yang bulat itu) bisa membuat bukumu berdekuk. Solusinya, hanya pajang buku yang ringan dan sering-seringlah diganti.


5. Aksesoris Tak Biasa


pic: http://surfingweb.co/

Yang satu ini fungsinya lebih dari sekadar rak buku. Beberapa benda mungil koleksimu bisa nangkring di sini. Polanya bisa kamu ubah sesuai dengan tema kamar kamu. Kamar yang memiliki asupan sinar matahari yang cukup banyak akan tambah cantik jika kamu meletakkan beberapa pot bunga kecil dengan vas air di situ, atau mungkin akuarium mini dan ehem.... foto kekasihmu.

Menarik, bukan?

Jadi, Sobat Tamanlitera.com kapan mau bikin rak buku?


Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
May 1, 2016 at 12:31 AM delete

hi, kita juga membahas mengenai rak buku untuk rumah minimalis lho disini.

http://plafonrumahminimalis.com/rak-unik-untuk-rumah-minimalis-anda/

Reply
avatar