Buku Catatan Penemu Komputer Laku Satu Juta Dolar


Salah satu tampilan buku Turing (Reuters/Bobby Yip)


Sebuah buku setebal 56 halaman yang bertuliskan tangan milik pemecah kode dan penemu komputer, Alan Turing, terjual lebih dari satu juta dolar (setara Rp12,9 miliar) di sebuah rumah lelang di New York, Senin (13/4).

Turing, yang diperankan oleh aktor Benedict Cumberbatch di film “The Imitation Game”, seorang jenius di bidang matematika, memimpin sebuah tim yang terdiri dari para pemecah kode yang berhasil memecah kode “Enigma”, yang menurut Nazi Jerman tak akan bisa dipecahkan. Apa yang mereka kerjakan dianggap telah berhasil mempercepat berakhirnya Perang Dunia Kedua dan menyelamatkan banyak nyawa.

Cassandra Hatton, spesialis senior dalam buku-buku dan manuskrip dari rumah lelang Bonhams, mengatakan hasil lelang itu adalah bukti dari warisan Turing. Namun Bonhams menolak menyebutkan nama pembeli buku Turing tersebut.

"Hal ini mencerminkan pentingnya (Turing) dalam sejarah. Saya pikir dia adalah seseorang yang pantas untuk dipelajari lebih lanjut, dan saya berharap ini memberikan kontribusi terhadap peningkatan minat terhadap dirinya dan karyanya," kata Hatton dalam sebuah wawancara.

Pelelangan itu juga menunjukkan minat yang tumbuh terhadap bahan ilmiah, sejarah komputer, ruang, eksplorasi dan ilmu pengetahuan awal, tambahnya.

Bagian dari hasil penjualan akan disumbangkan ke sebuah badan amal yang tidak disebutkan.

Buku catatan Turing yang belum pernah terlihat di depan umum itu dianggap sebagai satu-satunya manuskrip Turing. Buku catatan itu dibuat pada 1942 dan diserahkan pada temannya, Robin Gandy.

Di dalamnya terdapat catatan Turing yang berkisar di rumus matematika dan dasar-dasar ilmu komputer, yang akan memberikan sekilas wawasan ke pola pikir Turing yang brilian.

Gandy menambahkan catatan sendiri di antara halaman renungan Turing dan menyimpan buku catatan itu sampai hari kematiannya.

Turing yang merupakan seorang homoseksual, tidak pernah menerima penghargaan untuk terobosan dan sumbangannya selama perang.

Dia bunuh diri pada 1954 pada usia 41 tahun saat menerima terapi hormon. Terapi itu adalah alternatif dari hukuman penjara setelah ia didakwa dengan ketidaksenonohan pada 1952 karena berhubungan seks dengan seorang pria. Saat itu, seks sesama jenis adalah sebuah tindak kriminal di Inggris.

Enam puluh tahun setelah kematiannya, Ratu Elizabeth memberikan pengampunan pada dakwaan homoseksual yang dijatuhkan pada Turing.

Cumberbatch menerima nominasi aktor terbaik dalam ajang Academy Award untuk perannya sebagai Turing dalam film “The Imitation Game”, yang memenangkan Oscar untuk skenario adaptasi terbaik. Film ini didasarkan pada buku, "Alan Turing: The Enigma," oleh Andrew Hodges.

“Buku catatan memberikan pencerahan tambahan tentang bagaimana, bahkan ketika ia terperangkap dalam acara besar dunia, dia tetap berkomitmen untuk membebaskan pemikiran dalam matematika murni," kata Hodges dalam sebuah pernyataan.



Dikliping dari http://www.cnnindonesia.com/internasional/20150414085037-134-46426/buku-catatan-penemu-komputer-terjual-satu-juta-dolar/
Previous
Next Post »